Cara Memperbaiki Dekstop Layar Hitam ( Black Screen ) / BlankHitam Setelah restart

Posted by


Malam yang suram,lagi asik belajar di internet karena kondisi laptop berat akhirnya memutuskan untuk merestart,eh...di saat booting ternyata hitam pekat LCD dekstop hanya mouse saja yang bisa bergerak dan nampak .awal saya pikir mungkin sedang loading aplikasi atau apalah,di tunggu sampai 15 menit tidak ada perubahan ternyata eh ternyata laptop saya bermasalah malam ini

Jika Layar Black Screen dan masih ada suara nada Startup terdengar, kemungkinan ada kerusakan pada LCD Laptop" Tapi kok  masih ada kursor ? Berarti LCD masih normal."
Lalu saya berfikir lagi " Jika yang rusak adalah Sistem Operasi Windows 7 yang di Install Pada Laptop tersebut tentu saja nada startup dan kursor tidak akan nampak dan terdengar.
Ternyata dugaan saya benar bahwa masalah ini ada kaitanya dengan Driver VGA laptop.

Karena belum yakin tidak habis akal juga akhirnya menggunakan jalan satu2nya CTRL+ALT+DEL meskipun agak ribet .

Sambil berkelana di eyang google menemukan beberapa postingan yang akhirnya salah satunya membantu mengembalikan layar laptop butut saya.ga begitu susah hanya sedikit ribet karena layar LCD nya item manis heheheh.
saya menggunakan cara ke 4 selang 3 menit laptop minta restart dan Alhamdulillah balik lagi seperti semula.
yuuuk mari barang kali ada teman-teman pembaca yang mengalami hal serupa dengan saya.
begini caranya. 

Cara Ke 1 : 
dari pencarian di eyang google menemukan aplikasi Remove WAT

Remove WAT adalah sebuah software yang berguna untuk menghilangkan pesan genuine pada windows utamanya pada windows bajakan. 
WAT ( Windows Activation Technologies ) adalah sebuah sistem yang dibuat oleh microsoft yang berguna untuk mendeteksi windows yang bajakan, dengan sistem WAT ini windows bajakan akan berkondisi layar menjadi hitam dan muncul tulisan “Windows 7 Build 7600. This copy windows is not genuine”.
tapi sayang sekali.belum sempat di instal sudah kena bunuh sama anti virus karna terdetect virus oleh MSE(Microsoft Security Essentials)

Cara Ke 2 : 
Registry windows

Chek Registry windows / regedit windows kita.jikalau Anda masih awam dengan Registry atau regedit, saya sarankan untuk menggunakan Windows Recovery Disc untuk memperbaiki masalah startup (Startup Repair). Silakan baca artikelnya disini > Windows 7 Recovery Discs

Anda tidak perlu install ulang Windows, karena baru saja saya mempraktekan apa yang saya jelaskan di sini,yook ikuti langkah-langkah berikut ini:

~ Tekan “CTRL + ALT + DEL”, lalu pilih “Task Manager”.

~Pada “Task Manager”, klik “File > New Task (Run)”, ketikkan “regedit” tanpa tanda kutip.

~Setelah “Registry Editor” terbuka, cari folder registry “Winlogon”:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersio\Winlogon
di bagian kanan cari file regedit “Shell” dan “Userinit”.
Normalnya nilai dari “Shell” berisi(explorer.exe) Jika berbeda, ubahlah nilainya seperti file diatasnya. atau bisa chek di
C:\Windows\system32\userinit.exe, 

~kalau kita sudah selesai coba di restart insya ALLAH laptop kiita akan normal kembali.



Cara Ke 3 :
CMD/Command Prompt

Melalui CMD/Command Prompt atau lebih sering singkat CMD adalah sebuah console yang berjalan di atas sistem operasi windows.
Cara menggunakan CMD sebagai berikut :


Tekan “CTRL + ALT + DEL”, lalu pilih “Task Manager”.

~ Pada “Task Manager”, klik “File > New Task (CMD)”, ketikkan “regedit” tanpa tanda kutip.

~ Klik CMD dengan tekan kanan pada mouse Anda, pilih Run As Administrator.

~ Saat CMD sedang dijalankan. Kita Ketik slmgr.vbs –rearm di belakang text system32 ( vbs harus    spasi -rearm) kalau sudah kita tekan Enter pad keyborad.

~ Setelah itu, tunggu hingga muncul pesan notifikasi dan ada kata-kata Please restart the system for  the changes to take effect” jika bila sukses. lalu klik OK

~ Kemudian restart komputer atau laptop Anda.

Cara ke 4 :
Langkah pertama silahkan masuk Ke Device Manager caranya klik kanan pada my Computer dan pilih Properties lalu pilih Device Manager / computer managemant.

~ Setelah itu pada Device manager akan tampil Beberapa List dari Driver yang terinstall

~ Silahkan Pilih Display Adapter lalu klik kanan dan pilih Disable lalu kita klik unable kalau dengan cara disable/unable kita hanya menunggu beberapa menit.

~ kalau memilih uninstall / install dan silahkan install driver VGA milik kalian yang disertakan pada saat pembelian.

~ setelah installasi selesai kita butuh restart.Setelah itu silahkan Restart Laptop.

~ Horeee....Dengan begini laptop milik kita sudah tidak blank hitam( Black Screen )lagi.Namun Tampilan layar belum optimal,kita ataur Resolusi dektop kita supaya di lihat juga nyaman.


Demikian Sedikit catatan pengalaman / tutorial malam ini.Cara Memperbaiki Dekstop Layar Hitam ( Black Screen ) / Blank Hitam Setelah restart. Cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi,Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel saya,maaf jikalau pengetikan tidak rapi. Semoga bermanfaat dan berhasil.



Blog, Updated at: 17.00

0 comments:

Posting Komentar